12.06.2011

Gaya Hidup Sehat Dengan Cintai bumi

Beberapa orang ketika membicarakan bagaimana agar menjaga keselamatan bumi kita mungkin terlintas mengenai Reduce,Reuse, Recycle dan menanam pohon.Padahal masih banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk menjaga keselamatan bumi tercinta karena bisa menjaga kesehatan juga! Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan sekaligus lingkungan.

  • Hindari makanan olahan atau minuman apalagi yang berkarbonasi dalam bentuk kotak,kaleng,atau siap saji,dan mengandung pengawet. Dan perlu diingat makanan seperti kentang  dibungkus dengan kertas perak/aluminium dan dipanaskan terlalu juga perlu diwaspadai karena sudah terkontaminasi oleh racun.Selain tidak baik untuk kesehatan kita. Proses pengemasannya pun terbilang lama sehingga menghabiskan banyak energi.Selain itu, jika limbah pabrik yang tidak dikelola dengan baik,sampah yang dibuang oleh konsumen,dan sulit terurainya sampah tersebut akan berdampak buruk juga.

  • Hargai Sebutir Nasi.Mungkin bagi sebagian orang sebutir nasi itu tidaklah penting,namun masih banyak kasus busung lapar di dunia ini. Kita hanya perlu  mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa,bukan karena nasi akan menangis. Ambil nasi ataupun makanan secara bijaksana,sesuai porsi dan tidak berlebihan agar dapat pahala dan mencegah terjadinya krisis pangan. Dahulu Aku sering dimarahi ayah karena aku menghabiskan nasi seperti tidak pernah diberi makan namun menurutku dengan menghabiskan makanan di piring kita sudah mengurangi sampah.Karena, Kalaupun sudah kenyang coba berikan pada ayam tetangga,daripada bengong malah bikin ayam tetangga kelaparan hehe.



  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran organik. Kenapa? pasalnya jenis makanan ini lebih sehat karena tidak mengandung pestisida dan bahan-bahan kimia yang membahayakan tubuh kita. Selain menjaga kesehatan, juga bisa menghemat penggunaan air untuk mencuci pestisida yang membutuhkan waktu yang lama,bebas dari polusi udara,menghindari kematian hewan ternak ataupun ulat, bahkan residu pestisida sudah ditemukan di dalam tanah, air sumur,dan air minum. Jadi, jangan sampai bumi kita ini tercemar!



  • Ayo Cintai Produk-Produk Indonesia! Coba deh kamu konsumsi produk lokal yang lebih terjamin mutu,kualitasnya&murah. Emang sih beberapa ga semulus produk impor. Namun apakah kalian sempat terpikir kenapa produk tersebut tampilannya bagus dan mengkilat?bisa jadi itu mengandung pestisida. Bahkan tampilanpun  bisa membohongi, pas dirasakan tidak enak bahkan tidak terasa. Namun buah lokal sekarang ini sudah dikembangkan sehingga tampilannya bagus,enak rasanya dan bebas pestisida karena dengan pengelolaan yang ketat.Banyak dampak positif yang bisa kita dapatkan! Mengurangi pengangguran,mendukung petani lokal dan juga mengurangi efek buruk terhadap lingkungan juga.

  • Gunakan kantong plastik dengan jenis yang mudah diuraikan,tas kertas,atau tas yang terbuat dari kulit jagung yang sekarang ini sudah tersedia di berbagai department store, Supermarket, dll. Sebaiknya sih digunakan berulang kali. Dan lebih baik membawa bekal makanan dan minuman dengan wadah sendiri dari rumah saat ke kantor/sekolah/kampus. Selain mengurangi sampah juga makanan dari ruma lebih sehat dan higienis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar