12.27.2011

BUKU BERHALA POP ITU BERNAMA BUDAYA POP


Buku ini aku dapat 3 bulan yang lalu kalau ga salah soalnya lupa lagi saking senangnya baca buku ini dari twitter @leutikaprio GRATIS LAGI DARI KUIS. Yang menarik lagi yang menulis kata pengantar itu namanya Eko Prasetyo, jadi teringat sahabat saya ketika SD. 

Judul  Buku                              : Berhala itu Bernama Budaya Pop
Penulis                                     : Ridho "Bukan" Rhoma
Editor                                       : M. Solahudin
Rancang sampul  dan ilustrasi : Catur Ary CS
Tata Letak                               : Anwar
Jumlah Halaman                      : 92 halaman
Penerbit                                  : Leutika


Di zaman goblogisasi dan gombalisasi ini, manusia modern semakin tidak bisa bebas bergerak, Mereka sudah mulai tergantung tepatnya kecanduan, dengan produk-produk modern yang sebenarnya buatan mereka sendiri. Sebut sajativi, HP, game,alat-alat kosmetik (khusus para ladies), butik-butik kecantikan,internet, dan sederet produk lainnya.Peran media sangat penting dalam hal ini untuk menciptakan image pasar.

Itulah yang disebut budaya pop. Budaya yang kini telah berubah wujud menjadi berhala yang disembah-sembah. Berhalaitu kini bukan ditakuti, tapi justru disenangi dan digandrungi menjadi pujaan hati. Buku ini dilengkapi juga gambar-gambar kartun yang lucu dan gokil. Dipersembahkan buat mereka yang suka memlototi tivi. Buat yang suka mencet-mencet HP.Buat yang gandrung ngegame. Buat yang suka nongkrong di Mall and cafe. Buat yang suka bergaya ama fesyen. Buat yang suka bersolek ama alat-alat kosmetik. Buat netters(pecandu internet), serta mereka yang doyan googling dan yang dah jadi jemaat
Al-fesbukiyah.

Buku ini menarik untuk tidak sekadar dibaca, tapi menjadi renungan. Sebuah renungan yang akan membangunkan kita bahwa 'nalar dan kesadaran' kritis memang tak mudah ditidurkan begitu saja. Ridho memancing untuk mengusut keyakinan kita.Nyatanya hidup dalam budaya pop tak sekadar disiasati tapi juga butuh perlawanan tangguh. Ia menjadi salah satu sosok muda yang berusaha untuk membaca dengan 'tafsir baru' atas budaya pop. (eko Prasetyo, Penulis Buku Serial Dilarang Miskin)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar