1.04.2012

Karya Anak bangsa Yang Mengharumkan Nama Indonesia

Banyak Sekali karya anak bangsa yang sangat memukau kalangan internasional.Namun Sangat disayangkan banyak sekali yang tidak banyak di-expose.Siapakah mereka?Apa Saja Hasil Karyanya? Yuk Simak

1. Robot DU-114
Robot ini merupakan peraih medali emas untuk kategori robot pemadam api di internasional Robo Games di Amerika Serikat. Robot ini berhasil mengalahkan para pesaing dari negara maju, seperti Amerika Serikat, Mesir, dan Inggris.Dengan ukuran 28cmx23cmx21cm dengan bentuknya seperti tank memudahkan robot untuk bergerak di permukaan jalan apapun. Untuk materi tubuh&Roda hanya diambil dari mainan anak-anak&materi lainnya buatan sendiri. Robot mencari sumber api dengan bantuan sensor jarak,menemukan ruangan tempat api berkobar menggunakan sensor lantai, dan memadamkannya dengan bantuan sensor api Sehingga DU-114 dilengkapi tiga buah sensor yang berbeda.cukup 13 detik untuk mencari titik api. WOW! Great Job RUDI!

2. Sapu Angin 2
Sapu Angin 2 memiliki bobot 93 kg dengan panjang 260 cm,lebar 125 cm&tinggi 114 cm. Setelah melewati pengujian ketat mulai dari mesin,bahan bakar,berat mobil,body hingga rem Sapu Angin berhasil menempuh jarak 237,6 jarak terjauh semua mobil peserta! Mampu mengalahkan Malaysia,Singapura,Thailand,Jepang,Cina,Pakistan,India, Filipina&Iran dengan Total 81 tim. 9 Mahasiswa ITS telah mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan menjadi juara pertama kategori Urban Concept Combustion.

3. My Mom's Mobile Phone as My Sister's Tutor
Aplikasi yang diberi nama My Mom's Mobile Phone as My Sister's Tutor telah memenangkan The 10th Asia Pasific Information and Communication Technology Award(APICTA) di Malaysia. Game Edukasi ini dibuat oleh Fahma Waluya 12 tahun dan Adiknya Hania Pracika 6 tahun. Masih muda banget. My Mom's Mobile Phone as My Sister's Tutor merupakan kumpulan program game edukasi sederhana yang dibuat menggunakan Adobe Flash Lite untuk ponsel Nokia E71.Ada 3 aplikasi yaitu ENRICH(English For Indonesian-speaking Children), Mantap(Matematika Anak Pintar), dan Bahana(Belajar Huruf,Angka dan Warna) ketiganya dibuat dalam versi PC dan Mobile phone.bahkan kakak adik ini telah mencetak rekor menjadi juara termuda sepanjang sejarah APICTA.Karya inipun terinspirasi dari adiknya yang sedang belajar membaca. He's young,talented, and a good brother also!

4. Battery Charger Shoes
Sepatu sumber energi listrik buatan Safira Dwi Tyas Putri yang masih 15 tahun ini,berhasil memperoleh medali emas pada Asian Young Invention of Energy Exhibition (AYEE) di Taiwan dan pemenang favorit pada Young Innovator Awards. Sepatu ini memiliki generator listrik sederhana yang memungkinkan pengguna untuk men-charge handphone sambil berjalan menggunakan sepatu tersebut.

2 komentar:

  1. nice blog , kembangin menulisnya http://www.jhoeydhyn.blogspot.com

    BalasHapus