1.10.2014

STACK

Stack merupakan bagian dari struktur data yang dikategorikan ke dalam bentuk linear data, dimana operasi pemasukan maupun pengeluaran data selalu dilakukan pada salah satu sisinya. Dalam dunia komputer, penggunaan stack (tumpukan) merupakan suatu hal yang umum digunakan seperti untuk penentuan alamat memory, penempatan ruang data dan aplikasi lain.
Elemen-elemen yang berada dalam stack, memiliki prinsip dasar dalam pengoperasiannya yaitu prinsip LIFO (Last In First Out) atau elemen yang masuk paling terakhir akan memiliki prioritas untuk keluar paling pertama.
Ciri-ciri Stack
-  Elemen teratas / puncaknya diketahui.
Penambahan atau pengambilan elemen stack selalu
   dilakukan pada elemen teratas stack.
-   LIFO (Last In First Out).

Pemanfaatan Stack
    -        Penghitungan ekspresi matematika (postfix).
    -      Algoritma Backtracking (runtut balik).
    -         Algoritma Rekursif

Stack adalah sebuah kumpulan data dimana data yang diletakkan di atas data yang lain. Dengan demikian stack adalah struktur data yang menggunakan konsep LIFO. Dengan demikian, elemen terakhir yang disimpan dalam stack menjadi elemen pertama yang diambil. Dalam proses komputasi, untuk meletakkan sebuah elemen pada bagian atas dari stack, maka kita melakukan push. Dan untuk memindahkan dari tempat yang atas tersebut, kita melakukan pop.



Pada saat ukuran stack, kalau kita teruskan menambah data lagi, akan terjadi overflow. Dengan demikian perlu data tambahan untuk mencatat posisi ujung stack. Dengan kebutuhan seperti ini, kita dapat menyajikan stack dengan menggunakan tipe data struktur (struct) yang terdiri dari dua field. Field pertama bertipe array untuk menyimpan elemen stack, medan kedua bertipe integer untuk mencatat posisi ujung stack.
Sebagai ilustrasi, “Benda yang terakhir masuk ke dalam stack akan menjadi yang pertama keluar dari stack. Hal ini asemacam kebalikan dari postingan saya sebelumnya tentang queue
Saya akan membuat suatu program yang melakukan pembalikan kalimat dengan menggunakan stack

Secara umum metode algoritma rekursi terdiri atas dua komponen utama, yaitu :
Bagian induksi, merupakan satu atau lebih kasus yang menyelesaikan masalah serupa namun dengan ukuran data ataupun metode yang lebih sederhana
Bagian penyetop, merupakan satu atau lebih kasus yang paling sederhana dan solusinya tidak perlu lagi terjadi rekursi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar