12.25.2011

PENGEMBANGAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF NON FOSIL

Bahan bakar fosil merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, artinya manusia tidak dapat membuatnya karena bahan bakar fossil terbentuk dari organisme yang terkubur jutaan yang lalu. Sebelum terjadi krisis bahan bakar fosil, Para ilmuwan dan teknisi yang mencari alternatif baru untuk menggantikan energi dari bahan bakar fosil tersebut, yaitu sumber energi nuklir, matahari, angin, energi fusi atom, energi biogas, dan beberapa energi alternatif non fosil lainnya.


Di  Amerika Serikat, pengembangan Manhattan Project bersama Robert Oppenheimer(pencetus gagasan tentang bom nuklir) pernah dilakukan dan menjadi kontroversial karena dijadikan senjata pemusnah massal. Namun  seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi,maka proyek tersebut dikembangkan menjadi sumber energi alternatif yang memiliki daya guna yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.


Di Indonesia sendiri,sebenarnya sumber energi matahari ini sangat menarik dan perlunya pengembangan . Daripada hanya tertarik pada tawaran para investor perminyakan saja,lebih baik Pemerintah lebih serius dalam mengembangkan energi matahari. Meskipun pada awalnya diperlukan modal yang besar, namun untuk jangka panjang pemenuhan energi dari sumber alam ini jauh lebih baik dan menguntungkan.Kita tidak perlu menghabiskan energi namun kita hanya perlu menggantinya daripada menggunakan bahan bakar fossil yang semakin menurun cadangannya.


Matahari menyediakan 10.000 kali energi manusia dan energi itu dapat dimanfaatkan secara gratis. Maka dapat diasumsikan sumber energi alternatif lainnya yaitu pemanfaatan panas tubuh manusia. Setiap anda berada di keramaian, pasti bisa merasakan panas yang sebenarnya bersumber dari tubuh manusia. 
Begitu pula saat kesetrum, listrik terdiri dari muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) .
Jika muatan listrik yang saling tarik menarik dipisahkan, dapat menghasilkan energi potensial. Listrik mengalir dari energi potensial tinggi ke potensial rendah, dan bumi/tanah memiliki energi potensial yang rendah.
Jika kaki menyentuh bumi dan berdiri (kecuali kuntilanak tidak menginjak tanah) dan tanganmu memegang kabel yang berarus listrik , maka arus listrik akan melewati tubuhmu melalui otot atau rambut dan kemudian menuju bumi/tanah. Sehingga, tubuh manusia berperan sebagai konduktor (penghantar listrik yang  baik) karena di dalam tubuh manusia berperan sebagai konduktor.


Banyak sekali sumber energi alternatif yang masih menjadi teka-teki dan perlu dikembangkan. Bagaimana caranya menampung energi panas tubuh manusia yang sia-sia terbuang di suatu ruangan atau apakah mungkin hasil energi tubuh manusia tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik, memasak dan berbagai aktifitas manusia. Dan Berbagai pertanyaan lainnya yang perlu dicari solusinya.


Sumber energi yang dikembangkan secara seksama dan dengan niat baik akan sangat bermanfaat dan mensejahterakan umat manusia, namun  jika disalahgunakan akan menjadi musibah terbesar di dunia. 
Banyak orang pintar tapi tidak cerdas. Orang Cerdas itu pasti pintar,tetapi kalau orang pintar itu belum tentu cerdas.orang bodoh kalah dengan orang pintar,orang pintar kalah dengan orang cerdas,orang cerdas kalah dengan orang beruntung.Menjadi orang pintar memang membanggakan, namun menjadi orang cerdas akan jauh lebih berharga.Orang cerdas berani keluar dari zona aman,tidak takut kegagalan,dan TETAP SEMANGAT! Jika keduanya diasah(pintar dan cerdas) dipadukan maka orang akan optimal, begitu kata-kata yang saya ingat dari Pak Deden Saepuddin, Kepala Sekolah sewaktu saya mengikuti upacara dan masih duduk di bangku SMK. Dan Jangan mengejar kesuksesan ! jadilah orang besar maka kesuksesan akan mengikutimu, Begitu kata si Rancho juga di  film india.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar