12.17.2011

Sejarah penemuan radio komunikasi

penemuan radio komunikasi ini didasari oleh fisikawan seperti Michael Faraday, James Clerk Maxwell, Heinrich Hertz, Gaglieso Marconi, Nikola Tesla, David Sarnoff, Lee De Forest, Frank Conrad, dan Edward Horward Amstrong.

Michael Faraday menemukan induksi elektromagnetik beserta formulasi rumus-rumus fisikanya

James Clerk Maxwell menemukan gelombang elektromagnetik ( pengantar sinyal radio) yang merambat pada kecepatan cahaya.

Heinritch Hertz membuktikan teori elektromagnetik, membuat gelombang radio dan berhasil memancarkannya.ia menciptakan alat pemancar (transmitter) , antena , dan penerima sinyal (receiver)

Gaglieso Marconi diakui sebagai "penemu pesawat radio". ia mempelajari ilmu-ilmu dasar penemuan para
ilmuan, mengembangkannya dan menerapkannya. Ia menemukan metode transmisi suara tanpa menggunakan
kabel. ia juga berhasil meningkatkan jarak pancaran gelombang elektromagnet dan mengisinya dengan informasi dengan berdasar kepada alat yang diciptakan oleh Hertz. Sehingga transmitter dan receiver mampu mentransfer informasi dari satu tempat ke tempat lain tanpa kawat. itulah awal kmunikasi radio. Meskipun Marconi tidak memiliki gelar kesarjanaan namun ia diakui dunia sebagai penemu pesawat radio komunikasi dan amatir radio.

Nikola Tesla mengembangkan temuan Marconi, bereksperimen tentang berbagai susunan transmisi tanpa kabel.

David Sarnoff "Bapak Radio Siaran" . " Si pengkhayal Sejati " ini penyusun cara penggunaan utama dari alat-alat yang diciptakan Marconi dengan memonya yang sangat terkenal  yaitu " Radio Music Box ". sehingga saat ini "radio identik dengan musik dan gudang lagu" . Dalam memonya ia juga mengusulkan agar pesawat penerima radio diproduksi massal untuk dikonsumsi publik. Pada Tahun 1919 pesawat radiopun diciptakan dan dapat dibeli umum.

Lee De Forest menemukan tabung hampa udara, pelopor pendirian radio siaran (broadcasting) pada  tahun 1916 dan menjadi orang yang pertama kali menyiarkan berita melalui radio.

Frank Conrad  tercatat sebagai orang yang pertama kali menyiarkan musik melalui radio pada  tahun 1919

Edwin Howard Amstrong mengembangkan tabung udara ciptaan De Forest  untuk memperkuat sinyal radio hingga puluhan kilometer. "Penem Radio FM" ini pun memperoleh Medal Franklin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar