1.01.2012

Large Hadron Collider



CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire) merupakan organisasi penelitian nuklir Eropa yang terletak diperbatasan antara perancis dan swiss,persis disebelah barat Jenewa dan didirikan pada tahun 1954. Organisasi ini mempekerjakan hampir 8.000 ilmuwan jenius mewakili 580 universitas yang berasal dari 80 negara, dan organisasi ini didirikan untuk mendiskusikan pembangunan fasilitas penelitian fisika nuklir eropa.

Proyek utama CERN yaitu LHC. LHC (Large Hadron Collider) merupakan mesin raksasa dengan lintasan lingkaran 27 kilometer,175 meter di bawah tanah yang memerlukan konsumsi energi yang luar biasa untuk menjalankan cryogenics sebagai pendingin magnet-magnet superkonduktor pada temperatur lebih dingin dari luar angkasa dengan listrik sebesar 27,5 MW  ,menciptakan keadaan temperatur hingga 1 juta kali lebih panas dari inti matahari,memfasilitasi proses tubrukan antar proton dengan The collider Tunnel yang dirancang untuk memecahkan dan mempercepat sesuatu yang sangat kecil,tidak kasat mata, namun merupakan bahan baku untuk menyusun semua benda yang biasa kita lihat di sekitar kita untuk mendekati kecepatan cahaya yang diperkirakan dapat menjawab pertanyaan dalam berbagai teori fisika kuantum dengan penemuan partikel elementer yang mampu menguak misteri alam semesta.

The collider Tunnel(terowongan untuk proses tubrukan proton)
Compact Muon Solenoid (CMS) ,sebelum ditanam 100 meter dibawah tanah



Menurut kritikus ini adalah mesin big bang,karena LHC ini mampu mempercepat partikel hingga 99,99 % kecepatan cahaya yang dapat membuat triliunan derajat panas sehingga menimbulkan lubang hitam yang bisa menelan bumi.  Bahkan eksperimen CERN ini tidak mendapat kata sepakat di kalangan ilmuwan, karena jika lubang hitam mini tercipta, dan terjadi sesuatu yang diluar perhitungan, bisa saja lubang hitam itu membesar tanpa terkendali dan menelan apa saja di dekatnya. Seperti yang anda tahu bahwa lubang hitam memiliki gaya gravitasi super kuat bahkan cahaya pun ditelan olehnya yang sebenarnya belum terbukti di bumi.



Skala LHC ditunjukan oleh sistem komputasi paralel efisien yang disusun dari komputer-komputer paralel di berbagai belahan dunia yang terhubung melalui koneksi pita super lebar dan memiliki kemampuan melebihi superkomputer konvensional yang bernama Grid. Grid LHC ini terdiri dari sistem yang hierarkis dengan berbagai layer yang disebut Tier. Layer pertama merupakan pusat komputer CERN itu sendiri. Layer pertama ini menyimpan semua raw data yang dihasilkan dari eksperimen dan memproses rekonstruksi pertama. Sebelas pusat komputer pada layer Tier 1, antara lain, menyimpan backup dari eksperimen dan memproses rekonstruksi yang lebih disempurnakan. Masing-masing pusat komputer ini terhubung melalui sebuah jaringan fiber optic dengan kapasitas sebesar 10 gigabyte per detik. Level Tier-2 menghubungkan 120 pusat komputer yang tersebar di 35 negara. Di sini, resource CPU digunakan untuk memproses simulasi.
Hal yang penting bagi peneliti bahwa Grid LHC dibangun agar ilmuwan yang terlibat pada proyek ini dapat mengakses data eksperimen dari komputer miliknya sendiri. Tidak masalah di mana data tersebut tersimpan dan diproses.

Latar belakang dibangunnya LHC ini mungkin untuk  bisa mengamati Higgs boson sebagai hasil dari tabrakan partikel itu atau  teori “Grand Unified Theory” dari seluruh kekuatan energi di jagat raya . Higgs boson ini  sendiri merupakan partikel misterius yang secara hipotesis diprediksikan ada dalam standard model fisika partikel, tapi tidak pernah diisolasi secara eksperimen bahkan partikel ini sering disebut partikel tuhan.  Semoga proyek ini berhasil dan Semoga dalam menjalankan proyek ini ada solusi terbaik untuk mengatasi kemungkinan terburuk agar tidak ada kejadian buruk yang menimpa umat manusia.

sumber : wikipedia dan googling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar